Wabup Widjono : apa yang dilakukan GCK ini layak diapresiasi

gckkSenin (13/8) pagi, pemerintah kabupaten Jombang memberikan bantuan sosial untuk operasional di Yayasan Penuh Warna, Griya Cinta Kasih (GCK), desa Sumber Mulyo, Jogoroto. Sebuah pemondokan bagi pasien sakit jiwa. Ditempat ini, pasien tidak ditarik biaya. Baik itu biaya perawatan, penyembuhan, hingga kebutuhan sehari – hari. Semua berangkat dari kepedulian sosial pengurus yayasan. Dengan jumlah pasien yang banyak, mencapai 200 orang untuk bulan agustus 2012 ini. Bukan tidak mungkin, operasional yang dikeluarkan juga cukup besar. Kebutuhan sehari saja membutuhkan beras hingga satu kuintal. lantas, berasal dari mana uang untuk operasional itu ?
Jami’in ketua yayasan mengatakan selama ini selain mendapat bantuan dari pemerintah. Untuk operasional juga datang dari donator tetap, dari keluarga pasien. “ Tetapi keluarga pasien kadang tidak tentu, kadang dikasih kadang tidak. Untuk memenuhi kebutuhan saya keliling mencari,” ujar jami’in.
Melihat kondisi ini, wakil bupati Jombang Drs. Widjono Soeparno, Msi menyerahkan bantuan operasional sebesar 150 juta rupiah. Dikatakannya, jumlah ini masih kecil jika dibandingkan dengan kebutuhan GCK. “ kata Pak Jami’in satu hari makannya satu hari satu kuintal, jadi kalau tiga puluh hari tinggal menghitung saja, “ ungkap Wabup Widjono.
Adik kandung mantan gubernur Imam Utomo ini, tak henti – hentinya berikan ucapan terimakasih kepada GCK. Karena kepeduliannya dalam kegiatan sosial kemanusiaan. Apa yang telah dilakukan yayasan ini layak diparesiasi. Tidak hanya dari pemerintah tapi masyarakat secara luas. “ Bahkah sudah lima tahun berdiri ini, GCK sudah mendapat bantuan dari dunia internasional. Yakni dari Jepang dan Australia,” ungkap Wabup Widjono.
Keberadaan GCK di Jombang sangat membantu, tidak jarang hasil jaringan Sat Pol PP terhadap orang sakit jiwa di jalanan. Diserahkan di pemondokan ini. “ Jombang cepat bersih dari gelandangan ya ini salah satunya,” tambahnya.
Selain menyalurkan bantuan tersebut, pada kesempatan itu Wabup Widjono juga berpesan kepada pengurus yayasan agar menjaga kebersihan. Dikawatirkan jika kebersihan kurang maka rentan terhadap penyakit. “ Apalagi ini sebuah pemondokan pasti banyak orang, kebersihan harus di perhatikan betul. Seperti kebersihan lingkungan dan makanannya,” ujar Wabup di dampingi Forpimda.
Bersama dengan kajari, dandim, dan kapolres Jombang seusai memberikan sambutan, Wabup Widjono meninjau keadaan pemondokan dari dekat.
(Arie_SJFM)

BAGIAN HUMAS
Jombang, 14 Agustus 2012
– See more at: http://www.jombangkab.go.id/index.php/web/entry/pemkab-jombang-berikan-bantuan-pemondokan-pasien-sakit-jiwa-.html#sthash.K1jxHTbR.dpuf

Leave a Reply