Bantuan dari Konjen Jepang

Bantuan dari Konjen Jepang

jepang jepang2

Jombang – Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Masaaki Takano, meresmikan gedung baru “GCK” (griya cinta kasih) yang ada di dusun Sidowaras, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang.

“GCK merupakan pusat rehabilitasi dan penyembuhan orang-orang yang mengalami gangguan mental atau orang gila,” katanya saat memberi sambutan saat peresmian gedung.

Ia mengemukakan, bantuan sukarela dari pemerintah Jepang karena jumlah rumah sakit jiwa di Jatim masih minim, dan semoga pembangunan gedung ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Jatim.

“Kami berharap warga di Jawa Timur yang ingin mendapatkan rehabilitasi, terkait tentang kejiwaannya bisa menggunakan fasilitas di gedung ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Penuh Warna GCK, Jamiin, mengatakan, pihaknya cukup berterima kasih atas bantuan hibah itu karena dengan adanya fasilitas bangunan baru itu, kondisi para pasien juga semakin terperhatikan.

“Kami berterima kasih kepada para donatur yang membantu pembangunan gedung ini karena sebelum mendapatkan bantuan, ruang yang ditempati para pasien terbuat dari dinding bambu. Sehingga saat hujan, air selalu masuk ke dalam ruangan,” paparnya.

Dia menambahkan, saat ini GCK merawat 206 orang yang mengalami gangguan jiwa dan pihak GCK tidak menarik uang sepeserpun atas kinerja itu.

“Semua kami lakukan atas dasar kasih sayang. Semuanya gratis. Karena ini merupakan tanggung jawab sosial,” ujarnya, menjelaskan.

Ia menyebutkan, perawatan yang dilakukan juga terbilang sederhana atau tidak menggunakan perawatan medis, dan praktiknya seluruh pasien setiap pagi diajak shalat berjamaah.

“Setelah itu, pasien diberikan pengetahuan rohani serta diberikan motivasi supaya dalam diri pasien muncul semangat untuk sembuh,” paparnya.

Dirinya merinci, bantuan yang diterima dari Konjen Jepang senilai Rp939 juta. Bantuan tersebut untuk membangun gedung dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Kini ruang perawatan yang dulunya berdinding bambu kini berubah berdinding tembok dan berlantai keramik. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas bantuan tersebut,” katanya.

Dalam peresmian tersebut, seluruh pasien yang mengalami gangguan mental juga turut hadir. Selain itu, Wakil Bupati Jombang Widjono Soerpano, dan juga beberapa satuan kerja perangkat daerah juga tampak hadir dalam peresmian tersebut.

Leave a Reply